Mengenal Usaha Makanan Beku Rumahan Atau Frozen Food Dan Analisa Peluangnya

Usaha Makanan Beku Rumahan Atau Frozen Food Dan Analisa Peluangnya

Usaha Makanan Beku Rumahan Atau Frozen Food | Frozen food atau makanan beku saat ini menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang sedang ramai. Anda yang sedang mencari inspirasi mengenai jenis usaha yang bisa dijalankan di rumah bisa mencobanya. Sampai saat ini, usaha makanan beku termasuk salah satu bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dan cukup profitable.

Artikel kali ini akan membahas apa itu frozen food, apa saja macam-macam frozen food dan bagaimana cara menjalankan bisnisnya. Bagi anda yang tertarik dengan usaha makanan beku rumahan ini silahkan simak selengkapnya di bawah ini :

Apa Itu Frozen Food ?

Frozen food atau Makanan beku adalah jenis makanan yang sengaja dibekukan guna mengawetkan makanan sehingga siap dimakan kapan pun. Model makanan seperti ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu dimana nenek moyang kita yang banyak didominasi oleh petani, nelayan dan pemburu suka mengawetkan makanan agar bisa menjadi cadangan makanan untuk beberapa hari ke depan.

Bagaimana cara membekukan frozen food tersebut? Pada dasarnya ia melalui dua proses pembekuan yakni mekanik dan kriogenik. Di zaman modern seperti sekarang ini, pembekuan makanan lebih banyak menggunakan teknik kriogenik yakni menggunakan freezer atau kulkas.

Usaha Makanan Beku Rumahan Dan Analisa Peluangnya

Usaha Makanan Beku Rumahan

Macam-Macam Makanan Frozen Food

Ada banyak macam-macam frozen food yang beredar, akan tetapi yang paling banyak diminati khususnya di Indonesia hanya beberapa saja, yakni :

  • Nugget

Jika kita berbicara frozen food atau makanan beku maka pastinya tidak akan terlepas dari nugget. Nugget bisa dibilang sebagai rajanya frozen food bahkan is dikenal sebagai frozen food tertua dan paling populer di masyarakat.

Jika anda hendak membuka usaha makanan beku rumahan maka jangan lupa sertakan nugget sebagai produk andalan anda karena ia adalah makanan paling populer dan banyak diminati terutama oleh anak-anak.

  • Sosis

Selanjutnya ada sosis. Dengan bentuknya yang khas bulat dan memanjang menjadikan sosis sebagai salah satu frozen food yang pali populer. Ia tidak hanya dijadikan sebagai jajanan anak-anak saja akan tetapi juga sering dipakai sebagai bahan campuran pada sayuran atau tumis.

  • Bakso

Sebagai masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Pada awalnya bakso adalah makanan yang dijajakan dan siap untuk disantap, akan tetapi olahan daging berbentuk bulat ini sekarang termasuk salah satu frozen food yang paling banyak diminati.

  • Tempura

Tempura adalah jenis frozen food yang berasal dari negeri sakura Jepang. Makanan yang terbuat dari udang, daging ikan maupun sayuran ini termasuk yang paling banyak diminati lho. Jika anda hendak membuka usaha makanan beku rumahan maka tempura adalah makanan yang “wajib” ada dalam daftar menu anda.

  • Siomay

Jika anda berfikiran bahwa frozen food adalah makanan modern maka anda salah besar, ada lho makanan tradisional yang juga menjadi favorit sebagai frozen food yaitu Siomay.

  • Pempek

Dan yang terakhir adalah pempek. Makanan khas palembang ini menjadi salah satu frozen food yang cukup laris di pasaran.

Cara Memulai Usaha Frozen Food

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha frozen food, yakni :

  • Tentukan Jenis Produk

Ketika kita mau membuka usaha pastinya harus menentukan produk apa yang akan kita jual, termasuk dalam usaha makanan beku rumahan yang mungkin sedang anda pertimbangkan, apakah itu Nugget, Sosis, bakso atau yang lainnya.

  • Estimasi Modal

Setiap bisnis pastinya memerlukan, hanya saja jenis modal dan besarannya tergantung dari bisnis itu sendiri. Anda yang hendak membuka usaha makanan beku rumahan juga pastinya harus mengukur berapa kira-kira kisaran modal yang diperlukan untuk membangun usaha tersebut.

  • Cara Penjualan

Menjalankan usaha bisa dilakukan dengan beberapa modal, yakni sebagai produsen, Dropship, Reseller atau pun jualan sendiri secara langsung.

  • Promosi

Apa jadinya jika sebuah usaha tanpa ada promosi, tentunya tidak akan berjalan dengan lancar, kalau pun bisa bertahan ia hanya akan berjalan di tempat. Promosi sendiri bisa dilakukan secara offline maupun online, cara offline bisa dilakukan dengan menyebarkan selebaran atau mulut ke mulut, adapun untuk teknik pemasaran secara online bisa anda pelajari disini : Strategi Marketing Online Shop Ini Supaya Jualannya Makin Laris

Demikianlah uraian mengenai usaha makanan beku rumahan atau food frozen yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.