Teknik Untuk Membuat Desain Agar Simetris Pada Wilcom Bordir Komputer

Teknik Untuk Membuat Desain Agar Simetris

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sebuah tutorial sederhana bagi pemula yang hendak belajar membuat desain bordir komputer menggunakan wilcom Embroidery, kalau yang sudah master dilewat saja. Adapun tutorial yang di maksud adalah teknik untuk membuat desain agar simetris atau sejajar baik secara vertikal maupun horizontal dimana teknik ini akan sangat diperlukan dalam membuat desain misalnya desain bordir atribut seragam sekolah yang biasa dibuat dengan bentuk simetris antara kedua sisinya.

Selain bentuk vertikal dan horizontal, teknik ini juga bisa untuk membuat desain simetris dengan bentuk bulat. Bentuk bulat biasanya dipakai dalam pembuatan desain untuk busana misalnya dalam pembuatan desain motif bordir gamis yang dibuat dengan aneka rangkaian bunga.

Panduan Teknik Untuk Membuat Desain Agar Simetris Pada Wilcom Bordir Komputer

Teknik Untuk Membuat Desain Agar Simetris

Untuk membuat desain bordir secara simetris kita akan memanfaatkan mirror merge toolbar (lihat tanda kotak merah di atas) dimana fitur ini adalah untuk mengcopy atau menduplikat objek sekaligus dengan posisi simetris baik dan bentuk vertikal, horizontal maupun melingkar.

Adapun fitur teknik untuk membuat desain agar simetris tersebut ada empat, yaitu :

Array

Fitur Array digunakan untuk mengcopy atau duplikat sebuah objek dengan posisi vertikal atau horizontal dengan arah bentuk objek yang sama.

Reflect

Fitur reflect digunakan untuk menduplikat objek dengan posisi vertikal atau horizontal dengan arah bentuk yang berlawanan.

Wreath

Fitur wreath digunakan untuk menduplikat objek secara melingkar dengan arah bentuk yang sama dengan objek aslinya.

Koleidoscope

Sedangkan fitur koleidoscope digunakan untuk menduplikat objek secara melingkar dengan arah bentuk yang berlawanan dengan objek aslinya.

Untuk melihat hasil dari keempat fitur menduplikat objek tersebut bisa anda lihat pada gambar di atas.

Kita bisa mengatur jumlah objek duplikatnya sesuai dengan kebutuhan misalnya secara vertikal 4 dan horizontal 2 atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan coba untuk membuat sebuah objek baik menggunakan jenis tutupan pada wilcom kemudian duplikat secara simetris menggunakan fitur yang sudah dijelaskan di atas.

Tuturial ini sangat sederhana namun ia sangat berguna dalam membuat desain. Untuk melihat tutorial-tutorial lainnya mengenai pembuatan desain menggunakan software wilcom silakan lihat pada kategori Wilcom di samping.

Demikian tutorial sederhana untuk pemula bagaimana teknik untuk membuat desain agar simetris menggunakan wilcom bordir komputer. Semoga bermanfaat.