Pengertian Ilmu Ekonomi Berdasarkan Prinsip Dasar Dan Kesimpulannya

Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Kesimpulannya

Untuk memahami apa itu yang dimaksud dengan pengertian ilmu ekonomi, maka kita harus fahami terlebih dahulu bahwa kita adalah makhluk yang serba terbatas, dan ini adalah pemahan dasar untuk memahami ilmu ekonomi dari segi pengertiannya secara terperinci. Karena adanya keterbatasan tersebut maka kita menyadari bahwa tidak semua keinginan bisa tercapai, tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Kesimpulannya

Pengertian Ilmu Ekonomi

Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus memiliki skala prioritas karena itu manusia harus bisa menentukan pilihan dengan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Manusia harus terus belajar untuk menentukan pilihan yang terbaik, dan hal inilah sebenarnya yang dipelajari dalam ilmu ekonomi.

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa manusia adalah makhluk yang serba terbatas akan tetapi kebutuhan manusia tidak akan pernah ada batasnya. Kita selalu ingin mendapatkan yang lebih dari apa yang sudah di dapat, jika sudah mendapatkan 1 maka ingin dapat 2, dan seterusnya.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Jika dilihat dari pemahan dasar di atas, maka yang dimaksud dengan Pengertian ilmu ekonomi ialah mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka dengan atau tanpa uang dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya.

Keterbatasan yang dimiliki oleh manusia jika dibandingkan dengan kebutuhan atau keinginannya menuntutnya untuk selalu menentukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif. Kebutuhan individu misalnya mau makan apa hari ini, kebutuhan kolektif misalnya liburan keluarga akhir tahun ini mau pergui kemana, dan juga kebutuhan yang lebih sulit (sangat kompleks) seperti mending menikah atau sekolah terlebih dahulu.

Perlu kita ketahui bahwa ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk yang rasional. Maka, pilihan yang akan dibuatnya cenderung berdasarakn pertimbangan untung dan rugi, dengan membandingkan antara biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh, mana yang lebih menguntungkan.

Jika sudut pandang yang digunakannya adalah ekonomi maka ia akan memilih sesuatu yang pastinya akan menguntungkan dirinya sendiri, karena tidak mau rugi.

Dari prinsip dasar itulah kiranya kita bisa memahami bagaimana pengertian ilmu ekonomi dan kesimpulannya berdasarkan prisnip dasar tersebut.