Pengertian Ekspor dan Impor Dalam Dunia Ekonomi dan Bisnis

Pengertian Ekspor dan Impor Dalam Ekonomi dan Bisnis

Pengertian Ekspor dan Impor | Sejatinya kegiatan ekspor dan impor adalah kegiatan jualbeli yang pastinya sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja ruang lingkupnya melewati batas wilayah pabean atau antar negara. Tulisan kali ini dibuat untuk menambah pengetahuan mengenai kegiatan ekspor dan impor yang biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menjual atau mendatangkan suatu barang. Adapun barang yang diperjualbelikan bermacam-macam misalnya makanan pokok, pakaian, mesin produksi dan lain-lain.

Pengertian Ekspor dan Impor Dalam Ekonomi dan Bisnis

Pengertian Ekspor dan Impor

Adapun contoh dekatnya, salah satu industri yang cukup berkembang di Indonesia yaitu industri jasa bordir komputer, Mesin yang digunakannya adalah mesin yang diimpor dari cina dan jepang. Adapun pengertian ekspor dan impor dalam dunia ekonomi dan bisnis ialah sebagai berikut :

Pengertian Export

Export ialah kegiatan perdagangan suatu perusahaan untuk mengeluarkan barang dari wilayah pabean dan diperjualbelikan atau diperdagangkan di wilayah pabean negara lain.

Dalam kegiatan ekspor diperlukan suatu mata uang yang disepakati kedua belah pihak sebagai laat pembayaran yang sah bagi barang-barang ekspor. Dokumen-dokumen yang disiapkan pembeli seperti bentuk pembayaran baik dalam bentuk tunai atau Letter of Credit (LC), atau syarat lain menyangkut biaya angkutan, premi asuransi, batas waktu pengiriman barang, kemungkinan pemindahan barang ke kapal lain, cara pengiriman dan pengemasan barang serta tata cara pencairan LC.

Pengertian Import

Sedangkan yang dimaksud dengan import ialah arus masuk dari sejumlah barang-barang dan jasa ke dalam pasar sebuah negara, baik untuk konsumsi maupun sebagai bahan baku produksi dalam negeri.

Semakin besar impor mampu menyediakan kebutuhan rakyat akan produk atau jasa tersebut, namun di sisi lain dapat mematikan produk dan jasa sejenis dalam negeri. Dan hal yang paling mendasar, impor akan menguras devisa negara bersangkutan misalnya dalam kasus kedelai, nilai impor yang sangat besar mencapai 500.000 ton dengan kurs rupiah di atas Rp 14.000/dollar AS tentu saja sangat mahal dan sangat menguras devisa negara.

Kegiatan ekspor maupun impor dalam sebuah negara adalah sesuatu yang tidak mungkin dihindarkan karena kita tidak mungkin bisa hidup sendirian tanpa ada keterlibatan negara lain, hanya saja dua hal tersebut harus berjalan secara seimbang.

Demikianlan pembahasan mengenai pengertian ekspor dan impor secara umum yang perlu anda ketahui, semoga bisa menambah wawasan bagi sobat yang membacanya.