Pengertian Bordir, Teknik Dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian Bordir, Teknik Dan Sejarahnya

Pengertian Bordir | Perkembangan dunia fashion tidak akan terlepas dari seni bordir seperti baju dan kerajinan. Kita mungkin sering mendengar istilah “bordir” namun apakah sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan bordir tersebut. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai apa yang dimaksud denganpengertian sulam atau bordir, bagaimana sejarahnya serta apa saja teknik-teknik yang ada pada bordir tersebut.

Pengertian Bordir, Teknik Dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian Bordir

Pengertian Bordir

Yang dimaksud dengan Bordir atau dalam bahasa lain disebut “sulaman” adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain menggunakan jarum jahit dan benang dengan membentuk pola2 hiasan seperti bunga, abstrak, binatang dan lain-lain. Disamping itu, hiasan pada sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan lain seperti payet, potongan logam, manik-manik, bulu burung, dan mutiara.

Pembuatan bordir pada kain tersebut bertujuan untuk menciptakan keindahan pada baju atau pakaian sehingga ia tampak lebih menarik dan tentunya akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi seperti membuat aneka bordir logo, renda bordir dan aneka busana muslimah.

Sejarah Bordir

Sejarah munculnya seni bordir terjadi sejak masa silam, namun belum ada mansukrip yang pasti kapan dimulainya. Namun menurut beberapa catatan bahwa sejarah bordir ini pertama kali banyak dikenal di Byzantium pada tahun 330 sesudah Masehi sampai abad ke-15. Pada zaman tersebut hiasan dipadukan dengan ornamen dari emas, dan itu merupakan sesuatu yang mewah yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

Kemudian ada juga bangsa Yunani kuno yang juga mengenal hiasan bordir. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan yang terdapat di vas dimana Ini terjadi dari abad ke-7 dan ke-6 sebelum Masehi, kemudian dari situ berkembang dan dipadukan dengan bahan kain.

Di daratan asia sendiri sejarah bordir dimulai dari china yakni pada saat Dinasti Tang (618-907 sesudah Masehi). Hiasan bordir mencapai puncaknya saat Dinasti Cing yang bertakhta. Pasalnya, kala itu jubah kerajaan yang terbuat dari sutera diramaikan oleh hiasan bordir merupakan contoh terbaik karya bordir Cina. Ini terjadi dari tahun 1644 hingga 1912. (bordir.wordpress.com)

Macam-macam Teknik Bordir

Ada 3 macam teknik bordir yakni :

  • Bordir Manual

Teknik bordir manual adalah teknik yang dilakukan secara manual menggunakan tangan, dimana teknik ini sering disebut juga teknik sulam. Teknik semacam ini membutuhkan kreativitas yang tinggi dari penyulamnya, namun kita bisa membuatnya dengan berbagai macam jenis sulaman sesuai dengan kreativitas sendiri.

jenis tusukan untuk membuat sulaman:
-Tusuk balik/tusuk tikam jejak
-Tusuk batang/tangkai
-Tusuk rumani
-Tusuk veston
-Tusuk rantai

Model Mesin Bordir Manual Merek Juki

Mesin Bordir Manual

  • Bordir Mesin

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka munculan bordir mesin. Teknik ini sebenarnya belum sepenuhnya otomatis karena masih melibatkan tangan manusia, bahkan tiap orang bisa menghasilkan bordiran yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan seseorang dalam menjalankan mesin bordirnya.

Gambar Mesin Bordir Komputer 12 Kepala

Mesin Bordir Komputer

  • Bordir Komputer

Saat ini sudah hadir teknik bordir yang lebih canggih yakni bordir komputer. Teknik ini dijalankan dengan memadukan kinerja mesin bordir dengan komputer, mesin bordir yang menjalankannya dan komputer yang memegang kendali sehingga jalannya mesin bordir tergantung desain yang terdapat pada komputer. Adapun alat ini lebih dikenal dengan sebutan mesin bordir komputer.

Berdasarkan pemaran di atas kiranya kita sudah bisa memahami apa itu yang dimaksud dengan pengertian bordir, sejarah kemunculannya serta apa saja teknik dalam membuat seni bordir.