Pengertian Batik Tulis Berikut penjelasan Contohnya

Pengertian Batik Tulis dan Contohnya

Pengertian Batik Tulis | Artikel kali ini akan membahas sesuatu yang menjadi warisan budaya bangsa yaitu batik, dimana ia lebih spesifik lagi yaitu tentang batik tulis. Pada kenyataannya, di Indonesia sendiri terdapat banyak ragam motif batik, ia memiliki kekhasannya sesuai dengan filosi yang dianut oleh suatu daerah. Batik sendiri memiliki ragam nama atau teknik seperti batik tulis, batik cap, batik printing dan lain-lain.

Batik tulis adalah adalah jenis batik yang pertama kali muncul di tanah air, ini bisa dibilang jenis batik yang paling tua karena sebelum perkembangan teknologi muncul maka batik dibuat dengan cara seperti menulis dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan dengan canting.

Canting ini sama halnya seperti pulpen dimana di dalamnya terdapat tinta yang kemudian kita membuat sebuah tulisan menggunakan pulpen tersebut. Demikian halnya pengertian batik tulis, kita membuat seni batik dengan cara pembuatannya di tulis.

Lihat juga : Motif Batik Mega Mendung Dan Sejarahnya

Contoh Batik Tulis

Sebagaimana telah kita ketahi bersama bahwa setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing dalam membuat motif batik, berikut ini adalah beberapa contoh batik tulis :

Pengertian Batik Tulis Dan Contohnya

Batik Tulis Dan Contohnya

Sebagai warisan budaya bangsa yang sudah berabad-abad, batik tulis tentunya memiliki sejarahnya sendiri. Batik sendiri berasal jawa yaitu “tik” yang artinya membuat titik, kemudian sebutan tersebut berkembang sehingga lahirna nama Batik sebagai istilah yang mewakili proses pembuatan titik sebagai teknik dalam membuat tulisan di atas.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Batik Tulis Dan Contohnya yang perlu kita ketahui sehingga kita bisa tetap melestarikan warisan budaya leluhur nenek moyang kita.