Ruang Lingkup Masalah-Masalah Ekonomi dan Definisinya Menurut Pengantar Ilmu Ekonomi

Definisi dan Ruang Lingkup Masalah-Masalah Ekonomi

Masalah-Masalah Ekonomi | Setelah kita mengetahui bagaimana pengertian ilmu ekonomi berdasarkan prinsip dasar pengantar ilmu ekonomi sebagaimana yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya, kali ini kita menginjak pada pembahasan ada saja cakupan masalah dalam ilmu ekonomi tersebut.

Masalah-Masalah Ekonomi dan Definisinya Menurut Pengantar Ilmu Ekonomi

Masalah-Masalah Ekonomi dan Definisinya

Memahami masalah dasar ekonomi tentunya akan membuat kita lebih terfokus dalam melaksanakan prinsip kerja ekonomi sehingga output-nya benar-benar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai ruang lingkup masalah-masalah ekonomi berikut dengan penjelasannya secara terperinci :

Definisi

Yang dimaksud dengan masalah ekonomi ialah pada dasarnya ialah masalah pilihan alokasi sumber daya yang langka. Dalam ilmu ekonomi kita akan selalu membicarakan barang atau sumber daya yang langka dan menjadi komoditas yang dibutuhkan banyak orang, jika barang tersebut tidak langka alias bisa didapatkan dengan mudah bahkan gratis maka ini bukan wilayahnya ilmu ekonomi.

Seperti halnya ilmu pengetahuan lainnya, ilmu ekonomi tidak lebih dari sekedar alat untuk memahami dan mengupas segala bentuk sumber daya yang sedang dihadapi. Oleh karenanya sudah barang tentu ia memiliki realitas yang sangat begitu kompleks. Maka, untuk memahaminya kita perlu penyederhanaan, dan penyederhanaan itu dapat dilakukan berdasarkan penyederhanaan masalah yang dihadapi.

Masalah-masalah Ekonomi

  • Apa Yang Harus Diproduksi

Secara umum, produksi terbagi atas dua bagian yakni produksi barang dan jasa. Barang adalah sebuah benda secara umum dan berwujud atau berjasad sedangkan jasa adalah perbuatan yg memberikan segala sesuatu yg diperlukan orang lain. Dalam kajian ilmu ekonomi, kita harus melihat apa yang harus diproduksi agar bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, berapa banyak barang yang dibutuhkan.

  • Cara Memproduksinya

Untuk menilai dan memutuskan sesuatu berdasarkan prinsip ilmu ekonomi maka kita harus mempertimbangkan bagaimana cara memproduksinya, teknologi model apa yang diperlukan, misalnya kita ingin memproduksi busana muslimah dengan variasi bordir yang sangat rapi maka yang dibutuhkan adalah mesin bordir komputer baik yang portable atau pun 12 kepala.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya akan membuat ilmu ekonomi melihat faktor teknologi sebagai salah satu yang wajib diperhitungkan agar hasil produksi dan kualitasnya bisa meningkat.

  • Diproduksi Untuk Siapa

Untuk menjawab ruang lingkup masalah ekonomi yang satu ini kita harus fahami terlebih dahulu bahwa jawaban ini harus berdimensi keadilan dan pemerataan. Barang atau jasa yang diproduksi haruslah memenuhi kebutuhan orang banyak dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Memahami masalah-masalah ekonomi akan membuat ilmu ekonomi itu sendiri berjalan sesuai dengan fungsinya di masyarakat.