Makna Bendera Merah Putih Secara Filosofis Yang Harus Diketahui

Makna Bendera Merah Putih Secara Filosofis Yang Harus Diketahui

Makna Bendera Merah Putih | Sebagai warga negara Indonesia, kita tentunya harus mengetahui bagaimana makna yang terkandung di balik warna merah putih yang ada pada bendera negara sebagai simbol negara kita. Tulisan kali ini akan membahas sepeutar bendera merah putih meliputi maknanya secara filosofis, sejarah singkat dan ukuran standar bendera. Untuk menghormati lambang tersebut, secara resmi bendera merah putih menjadi atribut bordir logo sekolah yang digunakan pada seragam sekolah. Bendera Merah Putih memiliki beberapa nama yaitu Sang Merah Putih, Sang Saka Merah Putih, Merah Putih dan Sang Dwidarma.

Makna Bendera Merah Putih

Secara umum, makna yang terkandung dalam bendera tersebut ada 3 unsur, yakni : kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Ketiga makna tersebut merupakan cerminan dari makna merah yang berarti keberanian dan putih yang berarti kesucian. Keberanian merupakan cerminan dari raga dan kesucian lahir dari jiwa, kedua unsur tersebut tentunya harus ada secara seimbang, jiwanya bersih dari sifat-sifat tercela dan raganya sebagai pemberani. Hendaknya kita memahami betul makna bendera merah putih ini sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sejarah Singkat Bendera Merah Putih

Menurut catatan sejarah, bendera merah putih terinspirasi dari bedera majapahit dimana majapahit sendiri merupakan kerajaan hindu-budha yang pernah berkuasa di tanah jawa, yaitu tepatnya di jawa timur yang berdiri pada tahun 1293 hingga 1500 Masehi.

Dalam catatatn sejarah, ada banyak kerajaan di Nusantara yang menggunakan bendera merah putih, yaitu : Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri, Kerajaan Sisingamangaraja IX, Kerajaan Aceh, Kerajaan Bugis Bone dan Kerajaan Badung.

Selain itu, Pangeran Diponegoro juga menggunakan panji-panji yang berwarna merah putih saat perjuangannya melawan belanda, kemudian warna tersebut dihidupkan kembali oleh mahasiswa dan para pejuang kemerdekaan sebagai bentuk Nasionalisme dalam merebut kemerdekaan. Sebenarnya, ada banyak versi yang menyebutkan bagaimana asal-usul bendera merah putih dalam sejarah.

Ukuran Bendera Merah Putih

Bentuk bendera merah puti adalah empat persegi panjang dengan perbandingan ukuran Panjang : Lebar = 3 : 2 M. Warna yang terdapat pada bendera tersebut adalah Merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah, keduanya memiliki bentuk dan luas yang sama.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai makna bendera merah putih dilengkapi dengan sejarah singkat dan ukuran standar bendera tersebut.