Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Buatan Sendiri

Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Buatan Sendiri

Salah satu home industri yang bisa dijalankan bagi anda yang ingin menjalankan usaha dari rumah ialah produk makanan namun bagaimana cara memasarkan produk makanan rumahan agar bisa mencapai penjualan yang banyak? Kali ini kita akan membahas bagaimana langkah-langkap yang perlu ditempuh bagi siapa saja yang hendak membuka usaha produk makanan rumahan. Makanan rumahan sebagai produk home industri sendiri terdiri atas berbagai macam jenis, salah satunya adalah makanan beku atau food frozen, kemudian ada berbagai makanan tradisional, kue, krupuk dan lain-lain.

Semua model bisnis termasuk produk makanan rumahan tentunya harus memiliki konsep atau perencanaan yang jelas, akan tetapi juga bukan berarti harus terus memikirkan planing tanpa dimulai dengan mengeksekusinya.

Apa yang akan kita bahas kali ini mencakup semua produk makanan rumahan secara umum baik itu makanan tradisional maupun modern seperti aneka kue dimana keduanya merupakan model usaha rumahan yang menjanjikan saat ini. Berikut ini adalah strategi cara memasarkan produk makanan rumahan yang bisa anda terapkan sendiri untuk memasarkan produk rumahan :

Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan Buatan Sendiri

Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan

  • Lingkungan Tetangga

Ketika kita berbicara mengenai rumah, tentunya tidak akan terlepas dari tetangga. Tahapan awal untuk memasarkan produk rumahan adalah dengan memperkenalkan produk kita pada tetangga sekitar. Hal ini pastinya akan sangat efektif apalagi jika dilakukan di desa karena hubungan sosial di desa biasa lebih dekat ketimbang yang dikota.

  • Sosial Media

Pastinya ada sering menemukan grup jual beli yang ada di media sosial khususnya facebook. Jika anda memiliki produk rumahan, jangan sungkan untuk mempromosikannya lewat grup-grup tersebut baik lewat facebook, twitter, WA dan lain-lain. Namun perlu diingat, jangan terlalu sering beriklan karena itu akan mengganggu kenyamanan anggota grup yang lain.

Sosial media adalah teknik promosi yang dilakukan secara online, untuk mengetahui bagaimana teknik marketing lebih lanjut silahkan anda pelajari disini : Strategi Marketing Online Shop Ini Supaya Jualannya Makin Laris

  • Brosur

Brosur adalah media promosi secara offline. Kita bisa membuat sebuah iklan lewat brosur dimana nantinya brosur tersebut kita sebarkan ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang. Dengan begitu maka orang akan tahu bahwa kita memiliki produk rumahan yang siap untuk dijual.

  • Diskon

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon, apalagi ibu rumah tangga. Strategi penjualan dengan cara memberikan diskon pastinya akan sangat efektif dilakukan. Cobalah untuk memberikan diskon misalnya untuk 100 pembeli pertama akan mendapatkan potongan harga 40% atau mendapatkan bonus tambahan makanan dan seterusnya.

  • Layanan Pesan Antar

Meskipun usaha yang kita jalankan di desa, akan lebih baik jika kita menyediakan fasilitas pesan antar, namun tentunya dengan ketentuan yang tidak akan merugikan usaha kita misalnya dengan batas minimal pesanan 100 pcs. Ini adalah salah satu cara memasarkan produk makanan rumahan yang cukup efektif dan efisien.

  • Tingkatkan kualitas

Yang terakhir tentunya adalah kualitas, Dimanapun usaha itu dijalankan maka kualitas adalah prioritas. Jika customer sudah kepercayaan bahwa produk rumahan yang kita jual memiliki kualitas yang bagus maka besar kemungkinan ia akan menjadi pelanggan setia anda dan akan selalu repeat order.

Beberapa poin di atas mengenai cara memasarkan produk makanan rumahan adalah poin-poin dasar dalam pemasaran, seiring berjalannya waktu maka anda akan menemukan strategi sendiri bagaimana produk anda bisa tetap laku dan bertahan terhadap persaingan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memasarkan produk makanan rumahan buatan sendiri, semoga bisa diaplikasikan dengan baik.