Tutorial Wilcom : Cara Copy Atau Duplikat Objek Pada Wilcom

Tutorial Cara Copy Atau Duplikat Objek Pada Wilcom

Setiap kali membuat desain menggunakan software apapun pasti tidak akan lepas dari yang namanya copy atau duplikat objek, termasuk membuat desain bordir menggunakan software wilcom Embroidery. Pada kesempatan ini kita akan belajar bagaimana cara copy atau duplikat objek pada wilcom supaya bisa mempermudah kita dalam membuat desain bordir.

Penggunaan teknik menduplikat objek ini pasti akan sering kita gunakan, biasanya ia dipakai untuk membuat objek agar posisinya bisa simetris baik secara vertikal maupun horizontal misalnya pembuatan desain logo sekolah yang biasanya berbentuk kotak atau bulat.

Tutorial Wilcom Cara Copy Atau Duplikat Objek Pada Wilcom

Cara Copy Objek Pada Wilcom

Manual

Teknik meng-copy atau duplikat objek secara manual bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :

Pertama, dengan cara memilih objek yang akan diduplikat kemudian klik icon copy kemudian klik icon paste yang terdapat pada standard toolbar di bagian atas area kerja.

Kedua, adalah dengan cara klik kanan pada objeknya kemudian geser ketempat dimana kita akan menyimpan hasil duplikatnya terus tinggal lepaskan.

Otomatis

Adapun yang otomatis ini biasanya dipakai untuk membuat sebuah desain kerancang milsalnya untuk pembuatan desain bordir mukena atau juga gamis. Adapun cara copy atau duplikat objek pada wilcom secara otomatis adalah dengan memanfaatkan Mirror Merge Toolbar.

Berikut ini adalah fitur yang terdapat pada Mirror Merge yang bisa kita gunakan untuk meng-copy objek.

Reflect, Fitur reflect digunakan untuk menduplikat objek dengan posisi vertikal atau horizontal dengan arah bentuk yang berlawanan.

Array, Fitur Array digunakan untuk mengcopy atau duplikat sebuah objek dengan posisi vertikal atau horizontal dengan arah bentuk objek yang sama.

Koleidoscope, Sedangkan fitur koleidoscope digunakan untuk menduplikat objek secara melingkar dengan arah bentuk yang berlawanan dengan objek aslinya.

Wreath, Fitur wreath digunakan untuk menduplikat objek secara melingkar dengan arah bentuk yang sama dengan objek aslinya.

Supaya gampang difahami, cobalah mulai membuat sebuah objek pada wilcom kemudian anda praktekan teknik di atas.

Demikian teknik sederhana yaitu tentang cara copy atau duplikat objek pada wilcom supaya bisa mempermudah kita dalam membuat desain bordir komputer.