Apa Yang Dimaksud Pengangguran, Jenis-jenis dan Penyebabnya

Apa Yang Dimaksud Pengangguran dan Penyebabnya

Apa Yang Dimaksud Pengangguran atau bagaimana pengertian pengangguran menurut ilmu ekonomi? Jawaban dari Pertanyaan inilah yang akan kita bahas pada tulisan kali ini. Materi mengenai definisi pengangguran ini tentunya sangat dibutuhkan oleh sobat yang sedang mencari referensi mengenai pengertian pengangguran ditinjau dari segi ilmu ekonomi.

Apa Yang Dimaksud Pengangguran, Jenis-jenis dan Penyebabnya

Definisi Pengangguran dan Jenis-jenisnya

Dalam kamus bahasa indonesia, kata “pengangguran” berasal dari kata “anggur” yang berarti tidak melakukan apa-apa atau tidak bekerja, yang mana hal tersebut sudah terjadi selama berbulan-bulan atau dalam jangka waktu tertentu. Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai pengertian pengangguran, ada baiknya sobat mempelajari juga : Ruang Lingkup Masalah-Masalah Ekonomi dan Definisinya

Berikut ini adalah jawaban mengenai apa yang dimaksud pengangguran atau pengertian pengangguran :

Pengertian Pengangguran

Pengangguran atau tuna karya (bahasa Inggris: unemployment) adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Secara sederhana berarti angkatan kerja yang tidak bekerja.

Isu atau permasalahan pengangguran sering kali menjadi komoditas politik yang tentunya menjadi sasaran empuk yang pemangku kepentingan, terutama oleh kalangan partai politik.

Jenis-jenis Pengangguran

  • Pengangguran Friksional (Frictional Unemployment)

Pengangguran yang terjadi pada saat perekonomian mengalami perkembangan pesat dan dapat mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh (full employment), yakni apabila pengangguran tidak melebihi 4%.

  • Pengangguran Struktural (Structural Unemployment)

Pengangguran terjadi pada saat pencari kerja tidak mampu memenuhi standar persyaratan yang dibutuhkan untuk lowongan pekerjaan yang tersedia. Hal ini biasanya terjadi pada saat perekonomian berkembang pesat sehingga proses produksi atau teknologi produksi yang digunakan menuntut persyaratan tenaga kerja yang makin tinggi.

  • Pengangguran Siklis (Cyclical Unemployment)

Jenis pengangguran ini juga dinamakan dengan pengangguran konjungtor, yakni pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan-perubahan dalam tingkat kegiatan perekonomian. Jika perusahaan mengalami kemunduran dalam proses produksi maka secara otomatis sebagian tenaga kerja akan diberhentikan.

  • Pengangguran Musiman (Seasonal Unemployment)

Pengangguran ini berkaitan erat dengan fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek, terutama sangat dirasakan terjadi di sektor pertanian. Di luar musim panen umumnya petani akan menganggur sedangkan pada musim tanam dan panen otomatis akan bekerja kembali.

Penyebab Pengangguran

Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Disamping itu, pertumbuhan perekonomian yang tidak merata dan hanya terfokus pada satu kota atau wilayah saja tentunya akan menyebabkan ketimpangan lapangan pekerjaan sehingga berakibat pada tingginya jumlah pengangguran di kota yang pertumbuhan ekonominya lambat.