Apa Itu Satin Dalam Dunia Fashion Sebagai Bahan Membuat Baju

Pengertian Satin | Apa Itu Satin ? Bagi anda yang baru dalam dunia fashion pastinya bakalan sedikit kebingungan apa itu yang dimaksud dengan satin, bagi perempuan tentu istilah satin ini sudah tidak asing lagi karena banyak pakaian perempuan yang menggunakan bahan satin mislnya kebaya kutubaru.

Yang dimaksud satin dalam dunia fashion sendiri adalah jenis kain yang ditenun dengan dengan memakai teknik serat filamen sampai-sampai memiliki karakteristik permukaan yang mengkilap dan licin. Bagian dalam atau belakang permukaan satin kebalikannya tidak licin dan tidak mengkilap.
Apa Itu kain Satin
Apa Itu Bahan Satin
Satin seringkali terbuat dari jenis serat filamen laksana sutra (silk), nilon, atau polyester. Namun tidak sedikit yang memandang kain satin yang tercipta dari polyester tersebut terlalu mengkilap dan licin. Di samping itu, satin yang tercipta dari serat produksi / serat sintetis pun kemampuan breathable nya tidak sebaik  natural fiber laksana sutera.
Kain satin sendiri merupakan bahan kain yang cukup familiar di Indonesia, banyak model-model baju perempuan yang mengunakan bahan satin ini. Selain bagus, kain satin memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan bahan-bahan lain. Bagi yang sudah terbiasa mengenakan pakaian dengan bahan satin tentunya pasti tahu bagaimana perbedaan pakaian dengan bahan ain satin ketika digunakan.
Pada awalnya satin sendiri adalah sebuah intilah yang digunakan bagi sebuah metode dalam membuat kain, jadi satin adalah metode namun pada perkembangannya satin digunakan bagi sebuah jenis kain, makanya tidak heran jika istilah satin juga dikenal dalam dunia bordir komputer, yaitu teknik tusukan dalam membuat sebuah pola motif bordir dengan menggunakan sebuah software.
Demikian sedikit informasi mengenai apa itu bahan satin ? Semoga bermanfaat.